Sabtu, 03 Mei 2014

YESHUA dinubuatkan


Nabi Yesaya bernubuat tentang kedatangan Yeshua:  
Link : http://www.sarapanpagi.org/seorang-anak-telah-lahir-untuk-kita-vt3554.html
 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:6 Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

 Hebrew,
כִּי־יֶלֶד יֻלַּד־לָנוּ בֵּן נִתַּן־לָנוּ וַתְּהִי הַמִּשְׂרָה עַל־שִׁכְמֹו וַיִּקְרָא שְׁמֹו פֶּלֶא יֹועֵץ אֵל גִּבֹּור אֲבִיעַד שַׂר־שָׁלֹום׃

Ayat ini mengemukakan sifat dari Mesias yang akan datang ke bumi untuk misi keselamatan bagi umat manusia. Ia lahir diantara bangsa Ibrani, suatu anugerah mulia dari Allah bagi umat manusia. Mesias akan memerintah kerajaan Allah dengan kekuasaan Allah :

* Dia akan merupakan Penasehat Ajaib, yaitu sebagai satu oknum dengan dua sifat yang berbeda – Allah dan Manusia – Dia akan benar-benar merupakan mujizat atau keajaiban dari TUHAN; dan sebagai oknum satu-satunya yang mempunyai Firman tentang hidup kekal. Dia akan menjadi Penasehat Ajaib yang tiada bandingannya. Dia yang melebihi segala kebijaksanaan dunia maupun manusia (bandingkan Yesaya 11:2). Dalam rencana-rencanaNya, nasehat-nasehatNya tiada taranya diantara manusia.

* Sebagai Allah yang perkasa (kata yang jelas dipakai untuk YHVH dalam Ulangan 10:17, Yesaya 10:21; Yeremia 32:18. Dia pasti akan merupakan pemenang pertempuran (seperti arti kata "perkasa") yang akan memperoleh kemenangan terakhir dalam sejarah. Sifat ilahi Sang Mesias secara tepat dilukiskan dalam ayat ini sebagai Yang Mahakuasa yang digambarkan sebagai pahlawan yang menang atas musuh-musuhNya. Aspek pribadinya tidak dapat dipisahkan dari gambaran yang mendahuluinya. Ada korelasi antara hikmat, keperkasaan dan kuasa. Dia menghadapi tugas yang amat berat dan besar untuk keselamatan manusia. Tepatlah jika Sang Mesias ini disebut Pahlawan Ilahi (Keluaran 15:3. Dalam Perspektif mesianis, lihat Yohanes 16:33b.

* Sebagai Bapa yang Kekal, Dia bukan hanya sebagai "Tuan" (Penguasa, Lord, Kurios) atas kekekalan, melainkan pencipta hidup kekal bagi orang-orang yang ditebus. Dan pemerintahanNya berdasarkan kasih seorang Bapa yethadap anak-anakNya (bandingkan Yesaya 22:21). Maka Dia akan memerintah dan memeluhara umat dengan kasih-setiaNya yang kekal.

* Sebagai Raja Damai, Dia akan memberikan damai-sejahtera, seperti tersirat dalam makna kata שלום - SYALOM, yaitu kesehatan bagi jiwa yang sakit akibat dosa; suatu hubungan yang baik dan sehat antara orang berdosa dengan Allah, juga antara sesama orang berdosa; dan suatu keadaan yang sehat berupa kemakmuran dan keadilan universal berlaku di bumi. Kata שלום - SYALOM mempunyai arti yang luas dan mencakup seluruh bidang atau aspek kehidupan. Ini berarti keadaan hisup yang penuh damai sejahtera, yang utuh dan serasi (harmonis) dan lengkap. Hubungan-hubungan yang harmonis terhadap diri sendiri, sesama masyarakat, dan terhadap Tuhan. Ini merupakan klimaks yang ideal di bawah pemerintahan Raja Syalom yang menyeluruh (bandingkan Yesaya 2:4, 57:19, Zakharia 9:10, Lukas 2:14)


Menyadari hal diatas, jelaslah semua ini adalah "RANCANGAN"(Sebuah Rencana Elohim) YHWH yang seharusnya menjadi dasar bagi orang percaya, bahwa Elohim telah jauh2 hari merencanakan,membuat "planing" Keselamatan manusia dan berjanji memberikan "Damai Sejahterah" dan Elohim juga menyatakan diri-NYA sebagai "Bapa yang kekal,Raja Damai" bagi kita semua" .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar